Cara Monetisasi Youtube untuk Hasilkan Pundi-Pundi Uang

Semomedia.co.id – Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk mencoba mencari keuntungan dari Youtube, maka penting untuk mengetahui cara monetisasi Youtube. Sebab sudah diketahui oleh banyak orang bahwa Youtube sendiri merupakan suatu platform video yang terbesar dan dapat memberikan profit yang fantastis. 

Seiring dengan waktu yang terus berjalan, Youtube yang awalnya hanya menyediakan beberapa informasi serta hiburan dengan bentuk video. Saat ini Youtube memiliki fungsi baru yaitu sebagai platform yang dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat untuk menghasilkan uang melalui suatu karya.

Apa Maksud dari Monetisasi Akun Youtube?

Monetisasi dapat dikatakan sebagai suatu kegiatan yang memiliki tujuan untuk menjadikan suatu platform atau kanal yang Anda miliki untuk bisa menghasilkan rupiah. Sebenarnya kata monetisasi tidak berlalu di Youtube saja. Akan tetapi juga berlaku untuk media lain seperti blog dan beberapa media sosial lainnya.

Monetisasi sendiri dilakukan dengan memberikan izin pada iklan untuk bisa tayang pada suatu platform dan dengan adanya harga tertentu. Apabila channel Youtube, blog, serta berbagai media sosial lain yang Anda miliki sudah memiliki ribuan pengikut, maka dari pihak iklan sudah berhak untuk memberikan bayaran supaya bisa menayangkan iklan pada kanal milik Anda.

Hal ini menjadi suatu hal yang banyak diperbincangkan, khususnya bagi para pengguna Youtube. Sebab komersialisasi yang ada memang memiliki sifat yang sah dengan prosedur tertentu yang dimiliki. Untuk setiap iklan yang akan tayang di Youtube, akan dikenakan biaya dan biaya tersebut tentu menjadi penghasilan untuk pemilik channel.

Bagaimana Cara Monetisasi Akun Youtube

Gambar Youtube
  1. Mencapai Syarat yang Ditentukan

Syarat pertama yang harus Anda penuhi untuk dapat mengajukan monetisasi pada akun Youtube milik Anda, tentu memiliki beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Seperti:

  • Minimal 1.000 Subscriber

Subscriber adalah suatu sebutan bagi pengguna Youtube yang mengikuti channel orang lain. Sehingga dengan mengikuti channel tersebut, Anda dapat menerima pemberitahuan apabila pemilik akun mengupload video yang dapat Anda lihat.

Untuk itu, bagi Anda yang telah memiliki subscriber sebanyak 1.000, secara tidak langsung Anda sudah mempunyai pasar atau orang-orang yang akan melihat video buatan Anda. 

Salah satu syarat ini dibutuhkan sebagai jaminan bagi pihak pengiklan yang akan menayangkan iklan pada kanal Youtube Anda, sebab iklan tersebut akan dilihat oleh sekitar 1.000 orang. Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan bagi pihak yang memasang iklan tersebut.

  • Sedikitnya Memiliki Waktu Tonton 4.000 Menit

Hal ini untuk memastikan bahwa sang creator yang mempunyai 1.000 subscriber adalah orang yang memiliki dedikasi untuk memberikan yang terbaik bagi konten yang dimilikinya. Selain itu sebagai penanda bahwa sang creator merupakan pengguna Youtube aktif. 

Sebab, tidak sedikit pihak yang melakukan kecurangan pada sistem seperti membuat akun palsu demi untuk memenuhi syarat minimal subscriber. Kemudian, setelah kedua syarat tersebut berhasil Anda penuhi, maka pihak Youtube akan melakukan peninjauan terkait apakah Youtube Anda layak untuk dijadikan sebagai tempat iklan atau tidak. 

Setelah adanya keputusan, selanjutnya kanal resmi baru akan dimonetisasi. Kemudian sebagai pemilik kanal Anda akan memperoleh sejumlah uang dari pihak Youtube secara rutin.

  1. Konten Memenuhi Ketentuan

Ternyata untuk dapat dimonetisasi oleh pihak Youtube tidak berhenti hanya di kedua syarat di atas. Konten Anda juga harus sesuai dengan ketentuan. Dari pihak youtube akan terus mendorong pihak creator untuk membuat konten yang berkualitas, menarik, serta original.

Kemudian beberapa larangan juga akan diberikan untuk pihak creator, seperti larangan unggah ulang konten milik orang lain yang telah mempunyai hak cipta, seperti video, artikel, musik, serta yang sejenisnya, konten yang mengandung pornografi serta SARA juga dilarang.

Kemudian apabila pemilik konten melanggar aturan yang diberikan, maka akan mengakibatkan pemblokiran akun sehingga tidak akan bisa untuk dimonetisasi. Kemudian, melakukan pelanggaran hak cipta juga memberikan risiko untuk menghadapi tuntutan hukum yang tentunya bisa mengakibatkan adanya konsekuensi yang Anda dapatkan.

Selain itu, penghasilan yang telah didapat dari Youtube sepenuhnya sangat dipengaruhi oleh jumlah view, jumlah subscriber, durasi video yang telah ditonton, serta jumlah video. Idealnya apabila jumlah subscriber dan viewer semakin banyak, maka iklan yang masuk juga semakin banyak. Sehingga penghasilan yang Anda dapatkan juga akan semakin banyak.

Setelah Anda mengetahui cara monetisasi Youtube yang tidak semudah apa yang dibayangkan. Tentu akan membuat Anda semakin kuat untuk berusaha. Sebab tidak akan pernah ada sebuah usaha yang menghianati hasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *